Fakultas Tarbiyah

FAKULTAS TARBIYAH

VISI, MISI, STRATEGI DAN TUJUAN FAKULTAS

VISI FAKULTAS

“Menjadikan Fakultas Tarbiyah yang menghasilkan calon guru/tenaga pendidik profesional dan berkualitas dengan penguasaan keilmuan pendidikan Islam dan keguruan secara teoritis maupun praktis, berwawasan luas, beriman dan bertaqwa serta menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman”.

MISI FAKULTAS

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis pada azas manfaat dan mutu agar menghasilkan lulusan yang mampu bertanggung jawab kepada diri sendiri, masyarakat dan Allah SWT.
    1. Mengembangkan sumber daya manusia dalam rangka pembentukan kompetensi dan profesionalitas.
      1. Mengembangkan ilmu-ilmu pendidikan Islam dan keguruan yang berwawasan agama dan sains secara integratif, teoritis maupun praktis dalam konteks ruang dan waktu, masa kini dan masa yang akan datang.
      1. Meningkatkan citra mahasiswa sebagai insan akademik yang mempunyai kualitas iman dan taqwa.Meningkatkan kualitas layanan administrasi terhadap mahasiswa.Mengadakan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah, dalam upaya meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dalam ilmu pendidikan Islam yang profesional dan kompetitif.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan mengaplikasikan khazanah ilmu pendidikan agama Islam, seni dan budaya Islami secara tepat.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas moral dan kepribadian yang utuh dalam melaksanakan pendidikan masyarakat.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Untuk mencapai target visi Fakultas Tarbiyah pada tahun 2020, maka Fakultas Tarbiyah mengacu pada Pedoman Garis Besar Renstra Institut Agama Islam Banten Serang tahun 2013, dengan menetapkan beberapa sasaran yang menjadi prioritas.

Sasaran Mutu Fakultas Tarbiyah dan Strategi Pencapaian

Review dan pengembangan kurikulum PAI

Sejalan dengan dinamika perkembangan keilmuan dan perubahan sosial, PAI melakukan evaluasi kurikulum dan kompetensi lulusan. Dari kegiatan ini diperoleh masukan bahwa PAI perlu melakukan review dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan visi misi.

Oleh karena itu, Fakultas Tarbiyah melaksanakan review Kurikulum Fakultas Tarbiyah dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Tahap persiapan
    1. Analisa Kurikulum MKD yang lama
    2. Pemetaan Kurikulum
    3. Workshop Review Kurikulum I
    4. Pembuatan Model Struktur kurikulum
    5. Surat penugasan Tim Penyusun Portofolio Perkuliahan
    6. Pengumpulan Referensi otoritatif terkait Mata Kuliah Keahlian Fakultas
    7. Validasi struktur kurikulum MKU dan MKP
  2. Tahap pelaksanaan
    1. Penulisan draft silabi dan SAP MKP
    2. Pengumpulan dan penggandaan draft silabi dan SAP MKP
    3. Pembahasan draft
    4. Workshop kurikulum
    5. Finalisasi kurikulum MKP baru
    6. Penyusunan draft kurikulum MKP
  3. Tahap akhir
    1. Peng-SK-an kurikulum Fakultas Tarbiyah
    2. Penerbitan dokumen kurikulum Fakultas Tarbiyah

Penataan SDM dan Peningkatan Citra

Penataan SDM

Dengan cara pengembangan sistem informasi manajemen kepegawaian sesuai dengan kebutuhan berdasarkan peraturan yang berlaku. Disamping itu, dilakukan pengembangan pedoman dan pelaksanaan rekrutmen pegawai, dan penambahan dosen yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan. Juga dilakukan peningkatan kompetensi kepribadian, sosial, pedagogis, professional dan budaya, serta peningkatan kehadiran seluruh tenaga akademik dan tenaga administrasi sesuai dengan jam kerja.

Kebijakan peningkatan kesejahteraan diwujudkan dalam program pengembangan sistem insentif untuk meningkatkan kinerja SDM yang berbasis prestasi kerja. Untuk penerapan sistem evaluasi berbaris kinerja bagi tenaga dosen dan administrasi secara periodik dan pengembangan karir berbasis kinerja.

Kebijakan peningkatan citra

Dengan cara program penguatan fungsi kehumasan untuk meningkatkan peran publikasi PAI melalui IAIB Serang dan penerbitan publikasi Fakultas Tarbiyah dengan website secara keberlanjutan. Di samping itu, dilakukan juga sosialisasi Fakultas Tarbiyah melalui brosur 300-500 examplar persemester, dan iklan minimal 1 kali dalam setahun.

  • Terselenggaranya proses pembelajaran/perkuliahan berkualitas

Dengan cara menyusun jadwal perkuliahan melalui koordinasi dan penyediaan draft jadwal perkuliahan, mengumpulkan bahan ajar berupa silabi, SAP, Kisi-kisi penilaian, dan modul/hand-out yang sesuai dengan kebutuhan dan dikumpulkan seminggu sebelum perkuliahan dimulai.

  • Terselenggaranya proses pembimbingan dan pendampingan pada mahasiswa yang efektif

Mengoptimalkan fungsi dosen Pembimbing Akademik (PA) minimal 4 kali pertemuan persemester, Pembimbingan Skripsi minimal 6 kali pertemuan dan selesai maksimal dalam dua semester, dan menerbitkan buku bimbingan akademik sejak awal semester, serta menerbitkan buku bimbingan skripsi satu minggu sebelum bimbingan pertama.

  • Terpantaunya proses perkuliahan secara teratur melalui evaluasi kinerja dosen

Dengan cara terealisasinya jumlah pertemuan minimal 14 kali sesuai dengan kontrak perkuliahan, dan terolahnya hasil evaluasi kinerja mengajar seluruh dosen maksimal tiga minggu setelah akhir perkuliahan dan tuntas 100%, serta tercapainya kualitas kinerja dosen yang diukur berdasarkan portofolio perkuliahan.

  • Terselenggaranya evaluasi perkuliahan (UTS dan UAS)

Dengan cara mengatur jadwal evaluasi perkuliahan UTS untuk semua mata kuliah setelah minimal 6 kali perkuliahan dan hasilnya diumumkan maksimal 2minggu setelah UTS berlangsung. Dan melaksanakan UAS setelah 14 kali perkuliahan yang hasilnya diumumkan maksimal 10 hari setelah UAS berlangsung.

  • Terlaksananya layanan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK)

Dengan cara menyelesaikan layanan administrasi PPLK maksimal 2 minggu sebelum pelaksanaan yang hasilnya terselesaikan maksimal 2 minggu setelah pelaksanaan. serta membangun kerjasama antara Fakultas Tarbiyah dengan sekolah/madrasah, dan instansi lain.

  • Meningkatnya kualitas dan karir dosen

Kualitas Dosen

Dengan cara mengadakan pelatihan e-learning pertahun, seminar nasional minimal 2 kali dalam setahun dan seminar nasional minimal 1 kali dalam setahun yang berkaitan dengan peningkatan mutu dosen, mengadakan workshop dan menyelenggarakan penilitian, masing-masing minimal 2 kali tiap semester, serta membangun kerjasama antara Fakultas Tarbiyah dengan sekolah/madrasah, instansi pemerintah, alumni dan lembaga-lembaga yang relevan.

Karir Dosen

Dengan cara memfasilitasi dosen yang akan melanjutkan studi, sehingga pada tahun 2020 Fakultas Tarbiyah minimal memiliki lebih dari 5 orang Doktor.

  • Tersedianya laporan hasil penelitian dan buku ajar baik kolektif dan individual dosen Tarbiyah serta diterbitkannya jurnal Afaq Tarbiyah Fakultas Tarbiyah

Memfasilitasi dosen dalam pembuatan penilitian dan penulisan buku ajar baik individu maupun kelompok, masing-masing dua penilitian persemester. Dan mendorong setiap dosen untuk melakukan penilitian mandiri minimal dua judul pertahun, serta mendorong dosen untuk menulis artikel atau karya ilmiah di jurnal Fakultas Tarbiyah yang diterbitkan 2 kali setahun.

  • Penguatan Sistem Manajemen

Dengan melakukan penyusunan prosedur dan tata kerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan penyiapan perangkat aturan untuk memfungsikan keseluruhan komponen manajemen sesuai dengan sistem tersebut. Di samping itu, dilakukan peningkatan pelayanan administrasi yang akurat dan tepat waktu serta penyelesaian keluhan atas ketidaksesuaian administrasi.

  • Modernisasi fasilitas serta pengembangan jaringan ICT

PAI melaksanakan dual system dalam pembelajarannya. Dual system yang dimaksud adalah pembelajaran dan akademik melalui tatap muka, terlaksananya system student link secara akurat dan terbangunnya system layanan akademik untuk mahasiswa yang berprestasidalam bidang-bidang khusus. Pengembangan berbasis PAI melaksanakan dual system dalam pembelajarannya.

Dual system yang dimaksud adalah pembelajaran dan akademik melalui tatap muka, terlaksananya system student link secara akurat dan terbangunnya system layanan akademik untuk mahasiswa yang berprestasi dalam bidang-bidang khusus. Pengembangan berbasis ICT ini pun diaplikasikan pada pengembangan perpustakaan sehingga pelayanannya bersifat virtual library digital

VISI MISI PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

VISI PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

“Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang menghasilkan calon guru/tenaga pendidik yang berkarakter islami dan profesional”.

MISI PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  1. Menyiapkan mahasiswa sebagai insan akademis yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah.
    1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis pada azas manfaat dan mutu agar menghasilkan lulusan yang mampu bertanggung jawab kepada diri sendiri, masyarakat dan Allah SWT.
    2. Mengembangkan sumber daya manusia dalam rangka pembentukan kompetensi dan profesionalitas.
    3. Mengembangkan ilmu-ilmu pendidikan Islam dan keguruan yang berwawasan agama dan sains secara integratif, teoritis maupun praktis dalam konteks ruang dan waktu, masa kini dan masa yang akan datang.Meningkatkan kualitas layanan administrasi terhadap mahasiswa.
    4. Mengadakan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah, dalam upaya meningkatkan mutu penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi.

TUJUAN PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  1. Menghasilkan tenaga pendidik/guru pendidikan agama Islam yang berkualitas dan memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu-ilmu pendidikan Islam dan keguruan secara teori danpraktis serta iptek yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik/guru pendidikan agama Islam yang mandiri, berwawasan luas dalam ilmu agama ilmu umum, beriman dan bertaqwa, serta memiliki profesionalitas dibidangnya.
  3. Menghasilkan tenaga pendidik/guru pendidikan agama Islam yang mampu berkarya terutama dalam ilmu pendidikan Islam dalam rangka menunjangpembangunan nasional dan meningkatkan tarap kehidupan masyarakat.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN:

Review dan pengembangan kurikulum PAI

Sejalan dengan dinamika perkembangan keilmuan dan perubahan sosial, PAI melakukan evaluasi kurikulum dan kompetensi lulusan. Dari kegiatan ini diperoleh masukan bahwa PAI perlu melakukan review dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan visi misi.

Oleh karena itu, Program Studi melaksanakan review Kurikulum Program Studi PAI dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Tahap persiapan
    1. Analisa Kurikulum MKD yang lama
    2. Pemetaan Kurikulum
    3. Workshop Review Kurikulum I
    4. Pembuatan Model Struktur kurikulum
    5. Surat penugasan Tim Penyusun Portofolio Perkuliahan
    6. Pengumpulan Referensi otoritatif terkait Mata Kuliah Keahlian Fakultas
    7. Validasi struktur kurikulum MKU dan MKP
  2. Tahap pelaksanaan
    • Penulisan draft silabi dan SAP MKP
    • Pengumpulan dan penggandaan draft silabi dan SAP MKP
    • Pembahasan draft
    • Workshop kurikulum
    • Finalisasi kurikulum MKP baru
    • Penyusunan draft kurikulum MKP
    1. Penataan SDM dan Peningkatan Citra
  3. Tahap akhir
    • Peng-SK-an kurikulum Fakultas Tarbiyah
    • Penerbitan dokumen kurikulum Fakultas Tarbiyah

Penataan SDM

Dengan cara pengembangan sistem informasi manajemen kepegawaian sesuai dengan kebutuhan berdasarkan peraturan yang berlaku. Disamping itu, dilakukan pengembangan pedoman dan pelaksanaan rekrutmen pegawai, dan penambahan dosen yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan. Juga dilakukan peningkatan kompetensi kepribadian, sosial, pedagogis, professional dan budaya, serta peningkatan kehadiran seluruh tenaga akademik dan tenaga administrasi sesuai dengan jam kerja. Kebijakan peningkatan kesejahteraan diwujudkan dalam program pengembangan sistem insentif untuk meningkatkan kinerja SDM yang berbasis prestasi kerja. Untuk penerapan sistem evaluasi berbaris kinerja bagi tenaga dosen dan administrasi secara periodik dan pengembangan karir berbasis kinerja.

Kebijakan peningkatan citra

Dengan cara program penguatan fungsi kehumasan untuk meningkatkan peran publikasi PAI melalui IAIB Serang dan penerbitan publikasi Program Studi secara keberlanjutan. Disamping itu, dilakukan juga sosialisasi Program Studi melalui brosur dan iklan minimal 2 kali dalam setahun.

  • Terselenggaranya proses pembelajaran/perkuliahan berkualitas

Dengan cara menyusun jadwal perkuliahan melalui koordinasi dan penyediaan draft jadwal perkuliahan, mengumpulkan bahan ajar berupa silabi, SAP, Kisi-kisi penilaian, dan modul/hand-out yang sesuai dengan kebutuhan

  • Terselenggaranya proses pembimbingan dan pendampingan pada mahasiswa yang efektif

Mengoptimalkan fungsi dosen Pembimbing Akademik (PA) minimal 4 kali pertemuan persemester, Pembimbingan Skripsi minimal 6 kali pertemuan dan selesai maksimal dalam satu semester, dan menerbitkan buku bimbingan akademik sejak awal semester, serta menerbitkan buku bimbingan skripsi satu minggu sebelum bimbingan pertama.

  • Terpantaunya proses perkuliahan secara teratur melalu evaluasi kinerja dosen

Dengan cara terealisasinya jumlah pertemuan minimal 14 kali sesuai dengan kontrak perkuliahan, dan terolahnya hasil evaluasi kinerja mengajar seluruh dosen maksimal tiga minggu setelah akhir perkuliahan dan tuntas 100%, serta tercapainya kualitas kinerja dosen yang diukur berdasarkan portofolio perkuliahan.

  • Terselenggaranya evaluasi perkuliahan (UTS dan UAS)

Dengan cara mengatur jadwal evaluasi perkuliahan UTS untuk semua mata kuliah setelah minimal 6 kali perkuliahan dan hasilnya diumumkan maksimal 2 minggu setelah UTS berlangsung. Dan melaksanakan UAS setelah 14 kali perkuliahan yang hasilnya diumumkan maksimal 14 hari setelah UAS berlangsung

  • Terlaksananya layanan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK)

Dengan cara menyelesaikan layanan administrasi PPLK maksimal 2 minggu sebelum pelaksanaan yang hasilnya terselesaikan maksimal 2 minggu setelah pelaksanaan. serta membangun kerjasama antara Program Studi dengan sekolah/madrasah dan instansi lain.

  • Meningkatnya kualitas dan karir dosen

Kualitas Dosen

Dengan cara mengadakan pelatihan e-learning, seminar, workshop yang berkaitan dengan peningkatan mutu dosen, menyelenggarakan penelitian, serta membangun kerjasama antara Program Studi dengan sekolah/madrasah, instansi pemerintah, alumni dan lembaga-lembaga yang relevan.

Karir Dosen

Dengan cara memfasilitasi dosen yang akan melanjutkan studi, sehingga pada tahun 2020 Program Studi PAI minimal memiliki lebih dari 3 orang Doktor.

  • Tersedianya laporan hasil penelitian dan buku ajar baik kolektif dan individual dosen PAI serta diterbitkan nya jurnal Afaq Tarbiyah Program Studi PAI

Memfasilitasi dosen dalam pembuatan penelitian dan penulisan buku ajar baik individu maupun kelompok, masing-masing dua penelitian persemester. Dan mendorong setiap dosen untuk melakukan penelitian mandiri minimal satu judul pertahun, serta mendorong dosen untuk menulis artikel atau karya ilmiah di jurnal.

  • Penguatan Sistem Manajemen

Dengan melakukan penyusunan prosedur dan tata kerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan penyiapan perangkat aturan untuk memfungsikan keseluruhan komponen manajemen sesuai dengan sistem tersebut. Disamping itu, dilakukan peningkatan pelayanan administrasi yang akurat dan tepat waktu serta penyelesaian keluhan atas ke-tidak-sesuaian  administrasi.

Thanks to theidioms.com