Fakultas Dakwah

FAKULTAS DAKWAH

VISI, MISI, STRATEGI DAN TUJUAN FAKULTAS

VISI FAKULTAS

Menjadi fakultas terdepan dalam pendidikan dan pengabdian masyarakat berbasis ilmu dakwah dan ilmu komunikasi pada tingkat regional dan nasional pada 2026.

MISI FAKULTAS

  1. Menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan ilmu dakwah melalui pendidikan dan pengajaran secara inklusif dan integrative.
  2. Melakukan dan mengembangkan penelitian ilmu dakwah dalam ranah akademik dan sosial kemasyarakatan.
  3. Mencetak sosial entrepreneur dalam membangun masyarakat menuju masyarakat yang mandiri dan sejahtera.
  4. Memperluas kerjasama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang ilmu dakwah.

TUJUAN

  1. Mencetak lulusan yang profesional di bidang ilmu dakwah, berdaya saing dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu dakwah yang berguna bagi pengembangan dakwah yang kontekstual.
  3. Mewujudkan masyarakatyang religious, kritis dan memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keadilan dan kemanusiaan.
  4. Kerjasama dengan lembaga lain baik tingkat nasional maupun internasional.

STRATEGI PENCAPAIAN

Dalam upaya mewujudkan visi, misi, dan tujuan fakultas, maka strategi pengembangan akan dituangkan dalam rencana strategi lima tahunan (2020-2025)

  1. Penguatan visi, misi dan tujuan
    1. Revisi visi, misi dan tujuan sesuai kebutuhan.
    2. Pengesahan dan penetapan visi, misi dan tujuan.
    3. Sosialisasi visi, misi dan tujuan internal.
    4. Pemahaman visi, misi dan tujuan kepada stakeholders external.
  2. Penataan struktur dan tata organisasi
    • Tersedianya Peraturan Kepegawaian.
    • Pengisian formasi setiap posisi jabatan pada Fakultas Dakwah.
    • Penyusunan job deskripsi Fakultas Dakwah.
    • Penyusunan Standar Operasional Prosedur Kerja Pimpinan.
    • Pelatihan leadership bagi pejabat Fakultas Dakwah.
    • Penyusunan buku pedoman kode etik dosen dan tenaga kependidikan.
    • Penyusunan buku panduan Monev beban kerja dosen/tenaga kependidikan.
  3. Penyusunan profil fakultas dan prodi
    • Pembuatan profil fakultas.
    • Pembuatan profil prodi KPI.
  4. Rekonstruksi dosen jurusan ke fakultas dan Homebase dosen
    • Pemetaan dosen fakultas.
    • Penentuan Homebase dosen prodi KPI.
    • Penentuan rumpun keilmuan.
    • Penanggungjawab keilmuan.
  5. Pemberdayaan konsorsium dosen
    • Restrukturisasi kepengurusan konsorsium dosen.
    • Pembidangan keilmuan dosen.
    • Pemetaan penanggungjawab keilmuan.
    • Job deskripsi konsorsium.
  6. Penambahan Sumber Daya Manusia dosen dan tenaga kependidikan
    • Bertambahnya dosen fakultas dakwah.
    • Rasio dosen dengan mahasiswanya semakin mendekati ideal.
    • Bertambahnya tenaga kependidikan.
  7. Penataan dan pengelolaan sarana dan prasarana
    • Tercukupinya ruang pimpinan fakultas.
    • Tercukupinya ruang kantor administrasi.

VISI, MISI, STRATEGI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

VISI PROGRAM STUDI

Menjadi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) unggulan yang berintegritas islami dan berjiwa mandiri pada tahun 2026.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) secara ketat yang berbasis pada keilmuan Islam dan teori teori sosial dan komunikasi untuk menciptakan sarjana yang berintegritas islami dan berjiwa mandiri.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian dasar di bidang Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) untuk mendukung ilmu, pendidikan dan pengabdian masyarakat.
  3. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang berintegritas islami dan berjiwa mandiri.
  2. Tercapainya penelitian dan pengkajian dasar di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat untuk memperdayakan masyarakat sesuai dengan bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).
  4. Terjalinnya kerjasama untuk menghasilkan lulusan yang mampu melakukan studi lanjut dan/atau mengembangkan potensinya di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

  • Menghasilkan Lulusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang berintegritas islami dan berjiwa mandiri

Sasaran Strategis   :    Tercapainya suasana akademik dan fasilitas yang mendukung peningkatan daya saing lulusan Program StudiKomunikasi danPenyiaran Islam (KPI) di tingkat regional dan nasional

Strategi Dasar        :    1. Membangun kelembagaan dan budaya dalam tata kelola program studi.

                                    2. Melaksanakan sosialisasi program studi KPI kepada masyarakat luas baik secara online  maupun offline.

                                    3. Membangun Unit Penjaminan Mutuprodi KPI berdasarkan aturan fakultas melalui Sistem Penjaminan Mutu Fakultas Dakwah.

                                    4. Memberdayakan kelompok keilmuan dosen untuk mengembangkan kurikulum dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

                                    5. Mengimplementasikan kegiatan monitoring untuk peningkatan kualitas dosen Prodi KPI.

                                    6. Meningkatkan kualitas input mahasiswa Prodi KPI agar lolos tepat waktu dan mampu bekerja sesuai bidangnya.

  • Menghasilkan penelitian dan pengkajian Dasar di bidang KPI

Sasaran Strategis   :    Terbangunnya budaya riset dan publikasi ilmiah di bidang KPI yang menjadi rujukan dalam pemecahan masalah

Strategi Dasar        :    1. Melakukan penelitian dan kajian ilmiah berdasarkan bidang keilmuan dosen.

                                    2. Mempublikasikan hasil penelitian dosen di tingkat internal, nasional, dan internasional.

                                    3. Menghasilkan karya karya ilmiah tentang KPI.

                                    4. Membangun komitmen Sumber Daya Manusia program studi KPI.

  • Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan masyarakat sesuai  dengan bidang KPI

Sasaran Strategis   :    Terbangunnya modal keilmuan yang berbasiskan pada pemberdayaan dan pengabdian masyarakat dengan jiwa yang berintegritas islami dan mandiri.

Strategi Dasar        :    1. Melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen program studi KPI di industry atau mitra dan berorientasi pada kualitas produk penelitian.

                                    2. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat melalui bidang KPI.

  • Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan studi lanjut dan/ataumengembangkan potensinya di bidang KPI

Sasaran Strategis   :    Peningkatan kapasitas kelembagaan program studi dan kualitas lulusan yang berkepribadian dan berintegritas Islam yang menguasai ilmu pengetahuan, professional, dan berjiwa entrepreneur.

Strategi Dasar        :    1. Membangun kelembagaan dan budaya baru dalam tatakelola Program Studi KPI.

                                    2. Mengembangkan jejaring dan kerjasama yang berorientasi pada peningkatan Sumber Daya Manusia dankelembagaan Prodi KPI dalam rangkaTridharma Perguruan Tinggi.

Thanks to theidioms.com