Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir

Visi
“Tahun 2030 unggul dan terkemuka dalam mencetak sarjana ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang berwawasan global.”

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pengembangan studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
2. Melaksanakan dan mengembangakan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berbasis penelitian.
3. Berpesan serta dalam penyelesaian persoalan – persoalan kemasyarakatan yang berkaitan dengan aplikasi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
4. Menjamin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir ditingkat local, regional, nasional, internasional.

Tujuan
“Menghasilkan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang professional serta berkualifikasi akademik dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, serta mampu melaksanakan penelitian kritis-analitis untuk ikut menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan yang terkait dengan disiplin keilmuan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.”

Strategi

Keberadaan Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir di lingkungan IAIB Serang yang mempunyai fungsi utama mengembangkan bidang ilmu keilmu Al-Quran dan Tafsiran, tentu berbeda dengan yang berada di institusi pendidikan tinggi. Di lingkungan IAIB Serang Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir dalam mengembangkan ilmu menggunakan pondasi tauhidullah, melihat ayat-ayat qur’aniyah dan ayat-ayat kawniyah sebagai sumber ilmu yang berasal dari Allah sebagai sumber kebenaran sejati, menggunakan ilmu Ilmu Al-Quran dan Tafsir untuk mengkaji Islam (Islam sebagai objek berperan sebagai agen penggerak islamisasi sains sebagai konsekuensi dari langkah pengintegrasian pengetahuan ilmu (sains) dengan pengetahuan wahyu melalui penemuan-penemuan ilmiah.

Untuk menjalankan tugas dan fungsi serta melaksanakan kebijakannya, Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir menetapkan strategi untuk mencapai apa yang direncanakan melalui :

  • Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir sebagai institusi ilmiah, dalam lima tahun ke depan menekankan keterbukaan, dinamis dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan di luar negeri yang relevan dengan bidang kellmu Al-Quran dan Tafsir-an. terwujud SDM Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir yang memiliki intelektualitas yang terintegrasi dengan akhlak islami.
  • Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir mendorong keberlanjutan penelitian baik yang dilaksanakan oleh dosen maupun mahasiswa dengan menitikberatkan pada proses dan hasil penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat sekaligus selaras dengan perkembangan dengan Ilmu Al-Quran dan Tafsir sesuai dengan nilai-nilai ajaran islam, dengan mengoptimalkan usaha pencarian sokongan dana penelitian yang berkelanjutan setiap tahunnya, baik dari institusi maupun yang berasal dari dana hibah.
  • Penyusunan kurikulum Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir mengedepankan pendekatan inter dan multi-disipliner, dengan memusatkan perhatian pada isuisu sentral, baik yang berskala nasional maupun internasional sekaligus akan terus dilakukan penyesuaian dengan kebutuhan mansyarakat dan kondisi lingkungan terkini.
  • Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir memanfaatkan berbagai sumber daya dari dalam dan luar negeri untuk mencari terobosan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Meningkatkan kemampuan SDM dengan cara terus menerus memberikan membuka kesempatan dan memberikan dorongan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan; dengan memberikan insentif dan penghargaan terhadap pegawai yang memperlihatkan prestasi signifikan, serta mendukung sumber daya Jurusan llmu Al-Quran dan Tafsir dalam berintegrasi dengan masyarakat ilmiah internasional;
  • Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir melengkapi literatur yang relevan dan terbaru sesuai kebutuhan pengembangan ilmu Al-Quran dan Tafsir serta aplikasinya yang dapat diakses atau diamanatkan civitas akademik baik mahasiswa dan dosen yang sekaligus dilengkapi dengan fasilitas e-learning yang memadai.
  • Seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara lebih komprehensif untuk memperoleh input mahasiswa yang memiliki latar belakang, bakat dan minat yang relevan dengan bidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir sehingga mendukung pengembangan pembelajaran dan pelaksanaan peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan civitas akademika Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

AKREDITASI

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir terakreditasi BAN-PT pada tanggal 14 November 2023 sesuai SK Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Nomor : 4719/SK/BAN-PT/Ak/S/XI/2023.

Scroll to Top