Institut Agama Islam Banten Kampus Ternama dan Terlama di Banten

Institut Agama Islam Banten (IAIB) Serang secara historis melewati pengalaman sejarah yang cukup panjang sejak dibentuk tahun 1970 sampai sekarang.

Institut Agama Islam Banten (IAIB) Serang memiliki 4 Fakultas :
1. Fakultas Ushuluddin; dengan Program Studi : (1) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT); (2) Sosiologi Agama (on Progress)
2. Fakultas Tarbiyah; dengan Program Studi : (1) Pendidikan Agama Islam (PAI); (2) Manajemen Pendidikan Islam (on Progress)
3. Fakultas Dakwah; dengan Program Studi : (1) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI); (2) Bimbingan dan Penyuluhan Islam (on Progress)
4. Fakultas Syariah; dengan Program Studi : (1) Ahwal Al-Syakhshiyah (ASY); (2) Hukum Ekonomi Syari’ah (on Progress)

Fakultas Ushuluddin

Fakultas Ushuluddin merupakan pengembangan dari PTIB yang sebelumnya bernama AIQ. Pada tahun 1985 AIQ dikembangkan menjadi Perguruan Tinggi Islam Banten (PTIB). Seiring dengan hal itu, sebagai implementasi dari pengembangan tersebut dibentuklah Yayasan Ulumul Qur’an dengan Akta Notaris No. 01 tahun 1985 yang menaungi berdirinya Perguruan Tinggi  untuk jenjang Sarjana S1. Dengan berdirinya yayasan ini, maka pada Tahun 1988 ditunjuk pengelola Fakultas Ushuluddin yang bertugas mengelola dan mengembangkan kegiatan pendidikan Fakultas Ushuludin. (read more …)

Fakultas Tarbiyah

Keberadaan IAIB diawali oleh berdirinya Akademi Ilmu Al-Qur’an (AIQ)  pada tahun 1970 dan pada tahun 1985 berubah status menjadi Perguruan Tinggi Islam Banten (PTIB) berdasarkan SK Yayasan Ulumul Qur’an No. 023/YUQ/Kpst/Ket/III/85. Maka seiring dengan perubahan status inilah secara resmi pula berdirinya Fakultas Tarbiyah berdasarkan Peraturan pemerintah melalui Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Jawa Barat No 01/1987 tanggal 1 Februari 1987 tentang izin operasional Fakultas Tarbiyah. (read more …)

Fakultas Dakwah

Fakultas Dakwah merupakan salah satu dari empat fakultas yang dimiliki oleh Institut Agama Islam Banten (IAIB) Serang yang berbasis tafaqquh fid-din dan berorientasi pada mundzirul qaum. Kehadiran Fakultas Dakwah sendiri tidak dapat dipisahkan dari sosok pemimpin Prof. Dr. K.H.A. Wahab Afif, M.A. Hal ini berawal dari pemahamannya terhadap sumber pokok ajaran Islam al-Qur’an dan al-Hadits yang menyebutkan bahwa dakwah merupakan tugas pokok yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam. (read more …)

Fakultas Syari’ah

Lahirnya Fakultas Syari’ah merupakan hasil inisiatif Rektor Prof. Dr. K.H. A. Wahab Afif, M.A. untuk dapat memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat Banten dalam bidang Syari’ah. Hal ini sejalan dengan fakta bahwa Banten saat itu yang terkenal sebagai wilayah yang agamis dan religius. Ini dibuktikan dengan banyaknya penyelenggara pendidikan agama yang tersebar di berbagai wilayah Banten, seperti madrasah dan pondok pesantren.

Fakultas Syari’ah dipandang perlu untuk didirikan, karena aplikasi keilmuan yang dirasa sangat urgen baik dalam hal ibadah maupun muamalah. Oleh karena itu kehadiran Fakultas Syari’ah menjadi hal penting dalam Pendidikan di Institut Agama Islam Banten (IAIB) Serang. (read more …)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top