Inovasi Pembelajaran Dalam Pendekatan Proses Belajar Mengajar

Pembelajaran memang seharusnya bersifat  aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan, tetapi dalam pembelajaran itu sendiri inovasilah yang masih perlu dikembangkan. Inovasi itu sendiri yaitu suatu penemuan sesuatu hal sekecil apapun yang berbeda dari yang sudah ada, ataupun melengkapi atau menyempurnakan dari yang sudah ada walaupun masih mengandung unsur yang sama. Dalam sistem pembelajaran yang harus diperbaharui adalah metode pengajarannya. Bisa dikatakan metode tersebut inovatif jika ada hal yang berubah sedikit saja dalam pelaksanaannya. Memang metode tersebut sangat baik digunakan dalam pembelajaran, tetapi dalam pembelajaran yang inovatif penyesuaian dengan perkembangan peserta didik lebih diutamakan, karena perkembangan zaman yang terus berubah-ubah, tidak harus tetap pada sesuatu yang telah dibuat pada masa lalu.       

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pembaharuan pendidikan dalam sistem pembelajaran, untuk mengetahui berbagai pendekatan dalam pembelajaran, untuk mengetahui dan memahami berbagai konsep pengajaran. Penelitian menghasilkan bahwa Inovasi Pembelajaran adalah suatu upaya, ide, produk, atau informasi yang sebelumnya ada atau pun belum ada dalam proses pembelajaran antar peserta didik dan guru dengan metode pengajarannya. Pendekatan dalam proses belajar mengajar menggunakan  pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan  sembarangan yang bisa merugikan anak didik. Semua proses belajar mengajar atau pengajaran, atau pembelajaran senantiasa berpedoman pada kurikulum tertentu sesuai dengan tuntutan lembaga pendidik/sekolah dan kebutuhan masyarakat serta faktor-faktor lainnya.

Pembelajaran memang seharusnya bersifat  aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan, tetapi dalam pembelajaran itu sendiri inovasilah yang masih perlu dikembangkan. Inovasi itu sendiri yaitu suatu penemuan sesuatu hal sekecil apapun yang berbeda dari yang sudah ada, ataupun melengkapi atau menyempurnakan dari yang sudah ada walaupun masih mengandung unsur yang sama. Dalam sistem pembelajaran yang harus diperbaharui adalah metode pengajarannya. Bisa dikatakan metode tersebut inovatif jika ada hal yang berubah sedikit saja dalam pelaksanaannya. Memang metode tersebut sangat baik digunakan dalam pembelajaran, tetapi dalam pembelajaran yang inovatif penyesuaian dengan perkembangan peserta didik lebih diutamakan, karena perkembangan zaman yang terus berubah-ubah, tidak harus tetap pada sesuatu yang telah dibuat pada masa lalu.       

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pembaharuan pendidikan dalam sistem pembelajaran, untuk mengetahui berbagai pendekatan dalam pembelajaran, untuk mengetahui dan memahami berbagai konsep pengajaran. Penelitian menghasilkan bahwa Inovasi Pembelajaran adalah suatu upaya, ide, produk, atau informasi yang sebelumnya ada atau pun belum ada dalam proses pembelajaran antar peserta didik dan guru dengan metode pengajarannya. Pendekatan dalam proses belajar mengajar menggunakan  pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan  sembarangan yang bisa merugikan anak didik. Semua proses belajar mengajar atau pengajaran, atau pembelajaran senantiasa berpedoman pada kurikulum tertentu sesuai dengan tuntutan lembaga pendidik/sekolah dan kebutuhan masyarakat serta faktor-faktor lainnya. (read more …)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top