Strategi Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Dalam pandangan  Islam manusia adalah makhluk yang paling sempurna karena dikarunia akal, sehingga menusia dapat mengembangkan peradaban dan kebudayaan. Perubahan kehidupan yang terjadi di sekitar kita merupakan buah kreativitas manusia dalam menjalani kehidupannya. Manusia adalah makhluk yang memiliki daya cipta, rasa dan karsa. Oleh karena itu perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar kita merupakan buah karya manusia, sebagaimana kita ketahui dalam sejarah, memang hanya manusia saja yang telah membuktikan kesanggupannya dalam memadukan beberapa macam sumber daya untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah:Untuk memperoleh gejala yang timbul dari straregi pendidikan Islam, untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan untuk mengetahui apakah pendidikan Islam dapat meningkatkan sumber daya manusia.

Dalam penulisan karya tulis ini penulis melakukan penelitian melalui kajian pustaka yang diambil dari berbagai sumber, misalnya buku-buku karya para intelektual, majalah, internet dan sebagainya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode historis, etnografis, dan studi kasus. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis komparasi. Berdasarkan hasil analisis studi yang dilakukan, maka dapat disimpulkan strategi pendidikan agama islam dalam meningkatkan sumber daya manusia dapat dilakukan melalui pendidikan yang diterapkan sejak dini dalam lingkungan keluarga berupa penanaman akidah, pembiasaan pelaksanaan ibadah, pemberian contoh yang baik, komunikasi yang lemah lembut, orang tidak memaksakan kehendaknya terhadap anak, selalu diajarkan nilai-nilai kebersihan dan nilai-nilai kesopanan serta membimbing dan mengawasi mereka dalam pergaulannya. (read more …)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top