Dalam proses belajar dan mengajar, Etika dalam kaitannya dengan belajar mengajar bertujuan mengarahkan bagaimana proses belajar dan mengajar yang sebenarnya, tentu saja dengan adanya rujukan yang jelas, maka diharapkan dapat menghasilkan out put yang maksimal terutama para anak didik yang berilmu sekaligus beriman dan beretika.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui konsep etika, untuk mengetahui konsep belajar mengajar dan untuk mengetahui konsep etika belajar mengajar dalam perspektif islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deduktif yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan mempelajari data yang bersifat umum untuk dijadikan kesimpulan yang bersifat khusus. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan tekhnik studi pustaka dan berbagai sumber data yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah yang berkaitan dengan Etika Islam, kemudian ditafsirkan dengan menggunakan logika dan dibantu dengan Ilmu Pendidikan Islam sebagai alat analisisnya.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Etika Islam yang dikenal dengan akhlak adalah perbuatan yang dilakukan sebagai aktualisasi dari Al-Qur’an dan As-Sunnah Nabi Muhammad SAW. Etika belajar mengajar dalam pandangan Islam merupakan sikap mencari ridha Allah, membantu manusia dalam mengambil sebuah tindakan mana dan apa yang harus dilakukan apa yang hendaknya dijauhi. Etika dalam proses belajar mengajar secara jelas dapat kita simpulkan sebagai pemilihan sikap dalam proses belajar mengajar yang sangat menentukan hasil dari pendidikan (belajar mengajar). (read more …)